Belajar Mendesain Theme WordPress Yang Keren

Seiring dengan perkembangan bisnis internet yang sangat pesat saat ini dan salah satu CMS yang sudah diakui kehandalannya oleh para pemain internet marketing adalah CMS WordPress. Selain karena CMS ini gratis, dan terus diupdate, juga karena kemudahan dalam mengoperasikannya (awalnya tetap harus belajar menyesuaikan dengan komponen di admin area). Tersedianya dukungan yang berupa theme dan plugin yang juga banyak dikembangkan oleh orang-orang Indonesia.

Contoh salah satu plugin yang paling menggemparkan adalah Plugin WP Afiliasi yang dikembangkan oleh Mas Lutvi Avandi melalui Cafebisnis. Plugin ini mampu membuat website kita mempunyai fitur membership dan sistem afiliasi. Saya sudah menggunakan plugin ini di salah satu website yang saya kelola yaitu www.bisnisforex.inDengan sistem afiliasi, tentunya akan meningkatkan jumlah penjualan dari produk-produk yang kita jual melalui sarana internet.

Dengan catatan, produk yang kita jual benar-benar memiliki kualitas yang terbaik dan dibutuhkan oleh banyak orang. Selain plugin, yang dikembangkan dari WordPress saat ini adalah theme. Yaa .. theme WordPress yang memiliki fitur-fitur canggih, saat ini benar-benar sedang booming. Tidak hanya oleh para internet marketer luar negeri, tetapi sahabat-sahabat kita di Indonesia nampaknya sudah melirik peluang ini. Salah satu pembuat theme terbaik saat ini yang saya ketahui adalah Om Vitarich dari theme-id. Theme-theme yang dihasilkannya sudah banyak digunakan oleh internet marketer Indonesia dari kelas master, menengah sampai pemula sekalipun. Untuk keperluan bisnis adsense, afiliasi amazon, toko online dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nampaknya sudah tidak diragukan lagi kalau bisnis jasa desain, terutama desain theme WordPress ini memang sangat cerah peluangnya. Kenapa?

1. Yang namanya jasa desain tidak akan pernah mati karena desain itu selalu dibutuhkan baik untuk urusan personal maupun bisnis dan permintaan selalu meningkat tiap tahun.

2. Theme WordPress sangat tinggi permintaan pasarnya dikarenakan WordPress sendiri merupakan CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia baik itu oleh perusahaan, internet marketer, maupun para blogger pro dan amatir.

3. Tingkat penghasilan yang tinggi dari sebuah jasa desain pun merupakan salah satu jalan untuk meraih kesuksesan finansial dan ketentraman ekonomi.

Jika sahabat sinyalbisnis ingin tahu perkembangan bisnis desain theme WordPress ini, bisa berkunjung ke Tutorial Desain Theme

Di Tutorial Desain Theme akan diberikan tutorial bagaimana mendesain sebuah theme WordPress secara lengkap dan gamblang. Namun tentunya untuk menjadi seorang ahli desain theme WordPress kita haruslah sering berlatih membuat desain tersebut. Tidak mungkin baru 1 kali melihat tutorialnya, Anda akan langsung menjadi ahli (Ohh … semuanya perlu proses belajar).

Oke, semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat sinyalbisnis sekalian. Salam

11 Comments

  1. Menurut saya, salah satu tantangan utama untuk mendesain theme wordpress yang keren dan mendapatkan penghasilan dari sana adalah persaingan dengan theme gratis. Terutama kalau pasarnya adalah Indonesia. Mungkin akan bisa berjalan baik jika menjual theme ke pasar luar? Lebih bisa diapresiasi kaya’nya.

    1. Memang benar, untuk di Indonesia persaingannya adalah dengan banyaknya theme gratis yang ada. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan untuk tetap eksis di pasar Indonesia dengan memberikan sentuhan yang berbeda pada niche tertentu yang belum banyak di eksplor. Misalnya theme untuk toko online yang terintegrasi dengan wp-ecommerce, YAK, integrasi langsung dengan Tiki, JNE dsb.
      Menurut saya, niche ini lebih baik ketimbang theme untuk blog yang biasa-biasa saja.
      Mengenai pasar luar, saya sependapat. Disana theme yang unik atau beda (gak dipakai berame-rame) benar-benar sangat diapresiasi, bisa masuk ke flippa misalnya.

  2. saya pengen bisa sendiri untuk membuat themes bagi blog saya
    terima kasih atas info situsnya, saya akan langsung berkunjunng ke sana
    salam sukses..

    1. Plugin afiliate yang mana gan yg dimaksud? Kalau plugin wp afiliasi dari cafebisnis cara kerjanya, tinggal upload, aktifkan lalu nanti ada menu-menu pengaturan di dalamnya, plugin tersebut secara otomatis akan menciptkan halaman registrasi, yang mana kolom-kolom yg muncul seperti nama, email, alamat dsb bisa kita atur. Dan plugin tsb juga otomatis menggenerate link afiliasi utk member. Sangat bagus untuk membuat web utk afiliasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *