Cara Menghasilkan Uang Lewat Bisnis Toko Online

Okemode.com   Belanja Online Murah dan TerpercayaHalo, selamat pagi sahabat sinyalbisnis dimanapun berada saat ini. Saya doakan semoga selalu diberikan kesehatan, kesejahteraan dan kebahagiaan. Bagaimana kabar bisnis yang Anda jalankan saat ini? Lancar dan menghasilkan? Oke, silahkan kalau berkenan Anda jawab melalui form komentar di bawah artikel ini ya. Sebagai manusia yang harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar kita seperti makan, minum, tempat tinggal, dsb maka kita harus mengupayakan untuk mendapatkannya. Ada yang melalui kerja kantoran, ada yang menjadi pedagang, ada yang menjadi tenaga lepas atau freelance dan segala macam usaha. Apapun itu, yang jelas kita harus menjalankannya dengan penuh keikhlasan, mudah-mudahan hasilnya akan membahagiakan dan bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup kita.

Nah, untuk yang akan sedikit kita bahas kali ini masih ada kaitannya dengan artikel yang saya buat sebelumnya yaitu seputar toko online, Anda bisa membacanya di sini Cara Memulai Bisnis Dropshipping, jika kita lihat secara umum, maka orang-orang yang menggeluti bisnis toko online masuk dalam kategori pedagang. Pedagang yang bahkan tidak perlu bertatap muka dengan customer tapi sama-sama menghasilkan uang, enak tow? Hehe

Perlu kita ingat, bahwa segala macam hal yang ada di dunia, selalu ada dualitas, dilengkapi dengan pasangan. Sendal aja berpasangan, masa Anda tidak? Haha (bukan iklan). Yang ingin saya katakan begini, jangan hanya memandang segala sesuatu dari satu sisi saja. Misalnya bisnis toko online, jangan hanya ingin enaknya saja, dapat uangnya saja, atau manisnya saja. Tapi kita juga harus siap dengan sisi kurang enaknya, misalnya mendapatkan komplain dari customer (dimarah-marahi karena barang tidak sampai-sampai). Saya pernah mengalaminya, ada customer yang membeli produk di salah satu toko online saya, sudah bayar, sudah lunas, barang sudah kami kirimkan. Sekitar 10 hari kemudian ada customer yang komplain kok barangnya belum sampai? Waduh, saya langsung sedikit kawatir, kok bisa sampai 10 hari belum sampai, padahal rata-rata 1 sampai 4 hari saja. Akhirnya saya kontak pihak ekspedisi, katanya alamatnya tidak jelas. Saya coba telepon tidak bisa masuk (biasa nomor-nomor telepon perusahaan sok sibuk, haha). Dan untungnya customer juga “legowo” gak marah-marah dengan kejam, diapun berkenan menelepon cabang ekspedisi di kotanya dan katanya sudah ada disana, singkat kata sampai juga kirimannya.

Nah, yang paling ngeri adalah saat ada yang order dengan memilih ekspedisi “satu hari sampai”, ternyata sudah 2 hari belum sampai, saya mendapatkan komplain dan marah-marah itu customer, saya bilang coba ditunggu sampai 3 hari, oke kita tunggu, dia bilang kalau sampai 3 hari tidak sampai mau minta cashback. Saya katakan, oke akan kami berikan cashback kalau 3 hari belum sampai… dan.. ternyata 3 hari juga belum sampai (padahal sudah bayar untuk layanan 1 hari sampai). Saya tanya ke pihak ekspedisi katanya masih proses pengiriman. Yaudah saya langsung kontak customer, saya minta nomor rekening dan saya bilang “ongkos kirimnya akan kami kembalikan total, jadi gratis ongkos kirim”. Saya transfer total ongkir ke customer, dan sudah dia gak komplain lagi, singkat kata akhirnya barang sampai juga.

Andai saja, saya tidak mengembalikan semua ongkirnya pasti masih banyak komplain dan cerewet customer tersebut, hehe. Artinya pada suatu saat kita harus berani melakukan tindakan taktis, seperti kembalikan ongkir kalau situasi sudah sangat memburuk, Tuhan pasti akan mengganti laba kita ditrasaksi yang lain. Percayalah percayalah, saya sudah membuktikannya :-).

Sebenarnya masih banyak sekali pengalaman-pengalaman yang saya temui ketika mengelola toko online, itulah suka dukanya, enjoy saja, nikmati setiap prosesnya.

Nah, yang ingin saya sampaikan juga adalah saat ini saya sedang dalam proses mengetik sebuah e-book panduan sederhana untuk memulai bisnis toko online, hal-hal apa saja yang harus disiapkan sebelum mulai bisnis toko online, step by step mencari produk dengan riset sederhana, cara membuat website toko online dengan CMS WordPress, memilih domain dan membeli hosting (bagi yang belum punya modal cukup akan saya coba rekomendasikan hosting gratis yang cukup bagus), namun saya harapkan hosting gratis untuk latihan membuat website saja, kalau Anda serius membangun toko online sebaiknya beli domain dan hosting.

Isi e-booknya masih berproses, saya tulis berdasarkan apa yang saya ketahui saja, jadi bisa dikatakan masih sangat jauh dari sempurna, namun setidaknya saya ingin berusaha sedikit membagikan pengalaman saya selama menekuni bisnis toko online. Judul e-booknya adalah “Cara Menghasilkan Uang Lewat Bisnis Toko Online“. Nanti kalau sudah selesai akan saya beritahukan melalui blog ini, jangan kawatir e-book tersebut nantinya gratis kok :-). Namun saya belum bisa menjanjikan akan selesai dalam berapa lama, bisa 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan atau bahkan lebih saya kurang tahu, yang jelas saat ini masih dalam proses pengetikan.

Nah, kalau Anda tidak ingin ketinggalan infonya saat e-book “Cara Menghasilkan Uang Lewat Bisnis Toko Online” tersebut selesai, silahkan Anda berlangganan artikel dari blog ini. Anda bisa memasukkan email Anda pada form berlangganan artikel di bawah artikel ini, atau di form berlangganan artikel di pojok kanan atas blog ini atau misalnya jika Anda berminat untuk memiliki toko online tapi belum tahu cara membuatnya, bisa menggunakan jasa pembuatan toko online murah yang kami sediakan, lihat di halaman ini Jasa Pembuatan Toko Online Murah dan Bagus.

Oke sahabat sinyalbisnis sekalian, mungkin itu dulu sedikit informasi dari saya. Mudah-mudahan e-book tersebut dapat segera saya selesaikan. Saya doakan Anda semuanya, sukses dengan bidang apapun yang Anda kerjakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup saat ini. Aamiin. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *