Cara Setting atau Custom DNS di Namecheap

Pada posting sebelumnya saya telah menjelaskan cara membeli domain di Namecheap. Setelah membeli domain, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan setting atau custom DNS di domain anda. Ini bertujuan agar domain anda dapat terhubung ke hosting anda.

Jadi secara gampang DNS ibarat pipa air yang menyalurkan air dari mata air ke rumah anda. Saya ibaratkan domain adalah kran dan hosting adalah PAM (Perusahaan Air Minum). Untuk dapat menikmati aliran air dari PAM, anda perlu menghubungkan kran di rumah dengan jaringan PAM melalui pipa air.

Nah proses custom DNS lebih kurang seperti itu. Jadi agar anda dapat mengakses website atau blog dengan nama domain yang telah anda beli di Namecheap, anda harus melakukan setting pada sistem DNS di domain anda. Sistem DNS ini nanti akan secara otomatis menghubungkan domain anda ke layanan hosting.

karena dalam tema postingan ini adalah mensetting DNS di Namecheap maka saya akan menggunakan halaman Namecheap sebagai panduannya. Bagi anda yang membeli domain dari domain registrar lainnya, caranya lebih kurang sama. Intinya adalah mengganti atau mengubah nama DNS di akun domain registar anda dengan DNS hosting anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama-tama buka situs Namecheap, lalu login ke akun Namecheap anda. Pada area member pilih Manage Domains


2. Kemudian pilih domain yang mau diganti DNS dan klik Transfer DNS To Webhost


3. Kemudian anda akan dibawa kehalaman custom DNS. Karena anda ingin mengarahkan alamat domain ke hosting anda maka centangin Specify Custom DNS Servers dan masukkan nama DNS hosting anda pada kotak yang disediakan. Nama DNS ini biasanya akan dikirimkan ke email anda setelah hosting anda diaktifkan. Jika anda tidak menerimanya, anda bisa contact pihak hosting anda untuk menanyakan perihal DNS mereka. Jika sudah, klik Save Changes


4. Kemudian anda akan mendapat pesan “Domain server updated!”. Selamat! Proses pengalihan telah berhasil. Tunggu maksimal 24 jam hingga domain tersebut secara sempurna berpindah ke hosting baru anda.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *