SEO ALRP Plugin Gratis Rasa Premium

Beberapa hari lalu aku merilis plugin SEO Auto Links & Related Posts (SEO ALRP), fungsinya menampilkan daftar artikel terkait dan otomatis memberikan link ke artikel terkait tadi ketika menemukan judul artikel terkait di dalam artikel tsb.

SEO ALRP

Aku cuma mau sedikit cerita tentang plugin ini :D

Sebenarnya untuk otomatis membuat internal linking ke artikel lain yg judulnya ada di dalam sebuah artikel aku biasanya menggunakan plugin SEO Smart Links. Sayangnya beberapa bulan lalu plugin ini seakan-akan tidak bekerja di 4 situs baruku. Setelah aku pelajari, ternyata ini bukan karena SEO Smart Links tidak bekerja, tapi karena memang plugin ini mempunyai batasan2nya sendiri.

Ceritanya gini, keempat situs tersebut mempunyai ribuan artikel. Dalam setiap artikel pasti mengandung judul artikel lainnya, jadi secara logika, harusnya plugin SEO Smart Links pasti akan membuatkan link ke artikel lainnya yg judulnya ada di dalam artikel tsb. Sayangnya hal ini tidak terjadi :(

SEO Smart Links bekerja dg mengambil daftar judul2 artikel yg sudah dipublish, kemudian melakukan looping untuk mencari tahu apakah judul artikel tsb ada didalam artikel kita. Jika ada, maka akan otomatis diubah menjadi internal linking. Jumlah maksimum judul artikel yg diambil adalah 2000 judul artikel.

Untuk situs yg jumlah artikelnya sedikit tentunya hal ini tidak menjadi masalah, akan tetapi tentunya tidak dapat bekerja di situs2ku yg jumlah artikelnya ribuan itu. Aku bisa saja mengedit plugin SEO Smart Links tadi dan mengubah querynya sehingga tidak ada batasan 2000x artikel. Tapi ini berarti setiap kali membuka sebuah halaman, akan terjadi looping sebanyak ribuan kali cuma untuk membuat internal linking. Apa ga lambat banget tuh buka situsnya?

Saat itu muncullah plugin SEO Smart Links versi premium yg katanya jauh lebih bagus dari SEO Smart Links biasa. Sayang harganya diatas 2jt rupiah. Gila dah, mahal banget ya. Hampir tergoda buat beli, karena kupikir ini plugin penting, dan harusnya versi premium ini bisa bekerja di ke empat situsku tadi. Kan namanya jg premium.

Tanya sana sini, ternyata belum ada teman2 yg pake, jd aku ga punya kepastian apakah plugin itu bisa bekerja disitus dg puluhan ribu artikel. Akhirnya dari pada beli kucing dalam karung dg harga semahal itu, aku putuskan buat coba bikin sendiri dulu. Akhirnya jadilah plugin SEO ALRP ini, yg idenya datang waktu aku lagi mandi hihihi…

Prinsipnya sederhana, daripada kita melakukan looping ribuan kali, bukankah lebih baik jika kita cuma mengambil daftar judul artikel yg benar2 terkait dg artikel itu (related posts), dan melakukan looping hanya untuk artikel terkait ini saja. Simple, tapi ternyata manjur buat menambal kekurangan plugin SEO Smart Links tadi :D

Berdasarkan ide itu, aku membuat plugin SEO ALRP ini. Dasarnya adalah sebuah plugin related posts, karena itulah ini seakan2 dua buah plugin menjadi satu. Toh fitur Auto Linksnya bekerja juga dg melakukan pencarian related posts.

Perbedaanya, pada bagian Related Posts yg dicari adalah artikel terkait yg secara judul dan isi artikel terkait dg artikel yg sedang dibuka. Sebaliknya pada bagian Auto Links hanya mencari judul artikel yg mengandung kata2 yg ada di dalam artikel yg sedang dibuka.

Plugin ini sangat cocok untuk situs Adsense dll yg judul artikelnya berupa kata kunci yg ditarget :P

Kelebihan plugin SEO ALRP jika dibandingkan dg plugin SEO Smart Links:

  1. Lebih cepat, karena tidak perlu looping dan membandingkan seluruh artikel, cukup artikel terkait saja.
  2. Lebih cepat, karena sudah menggunakan fitur caching, jd tidak perlu mengambil data dari database setiap kali buka artikel.
  3. Bisa digunakan disitus dg jumlah artikel diatas 2000 artikel.

Ok dah, semoga plugin SEO ALRP ini jg bermanfaat buat teman2 semuanya. Amin…

PS:

Aku belum pernah pake SEO Smart Links versi premium, jd ga ngerti jg fitur2 apa aja yg ada di versi premiumnya SEO Smart Links. Yg penting, internal linking di semua situsku sekarang berjalan lancar tanpa harus beli2 plugin mahal hihihi…

Sumber Purwedi Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *