Website Tidak Bisa Dibuka Karena Gagal Update (Koneksi Internet Lambat)

Saat saya mau mengupdate website SMK Negeri 2 Kayuagung dengan wordpress yang terbaru, yaitu 3.3 tak disangka-sangka ternyata mengalami kendala gara-gara koneksi internet yang supeeeerrr tidak stabil.

Awalnya saya merasa bahwa koneksi internet yang saya pakai mampu untuk mengupdate karena biasanya ketika saya gunakan untuk mengupdate BLOG pribadi saya ini pun tak ada masalah. Nah, ditengah-tengah melakukan update, eee tiba-tiba koneksinya DC. Hadeuuuuuuhhhhhhh …. awalnya agak jengkel sih sama koneksi internet dan ketika saya coba untuk mengakses halaman website SMK Negeri 2 Kayuagung, hasilnya malah seperti ini:

Waduuh, mumet juga nih. Sempet mau menghubungi penyedia hosting untuk minta bantuan, tapi sewaktu buka aplikasi YM, e malah gak bisa kebuka gara-gara koneksi yang lemot. Akhirnya gak jadi. Terus coba deh untuk cari-cari di google siapa tahu ada kasus yang sama, nah… alhamdulillah akhirnya ketemu.

Cara mengembalikan tampilan website seperti semula adalah dengan mengupdatenya secara manual dengan menggunakan software Filezilla (upload).

Berikut ini yang harus di siapin buat ngeksekusi web yang error :

  1. FileZilla, taukan kawan FileZilla itu apa. FileZilla itu sofware yang gunanya untuk transfer data ( upload/download file) dan salah satu metode yang bnyak disukai oleh blogger, kalo belum punya softwarenya download aja disini.
  2. Nah yang kedua ini yang penting, file wordpress yang terbaru, kalo kawan belum punya juga bisa di sedot disini juga.

Setelah kawan download peralatan buat ngeksekusi webnya, saya jelasin singkat saja cara ngeksekusinya :

Pertama, buka FileZilla yang udah di download dan di install. Kalo udah dibuka akan muncul tampilan FileZilla seperti ini

Penjelasan gambar singkat :

Host : isi dengan alamat web kawan (misalnya smkn2-kyg.sch.id)

username : isi username cpanel kawan.

password : password cpanel saudara.

port : 21

Nah kalo udah diisi semua pencet aja tombol quickconnect yang ada di sebelah kanan. Setelah udah terkonek lalu carilah folder wordpress yang udah kawan download di bagian local site. Oya jangan lupa sebelum nya extrak dulu file wordpress nya. Nah klo udah blok semua folder yang ad kecuali file wp-content. Lalu klik kanan trus upload aja deh file yang udah diblok semua, tapi jangan lupa remote site yang ada di sebelah locale site berada pada folder public_html. Nah sekarang tinggal nunggu aja deh kawan sampai selesei ngupload nya. Setelah selesai nguploadnya coba deh kawan buka web nya, jreng2 alhamdulillah sudah normal kembali 🙂

Semoga posting ini membantu kawan-kawan yang web nya mengalami fatal error seperti website yang saya kelola

SMK Negeri 2 Kayuagung

Janganlah mudah menyerah sebelum berusaha dan mencoba, jadikanlah pengalaman menjadi pembelajaran….

Happy Blogging 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *