Syukuri Dulu Baru Minta, Pasti Maknyus – Bagian 2 (termasuk untuk Anda yang sedang sakit atau terlilit hutang)

Menyambung artikel sebelumnya, yaitu Syukuri Dulu Baru Minta, Pasti Maknyus – Bagian 1. Sudah sangat jelas bukan? Sebenarnya boleh saja meminta lagi yang lebih. Tapi tentu etikanya disyukuri dulu yang sudah ada. Baru, bahkan tak meminta pun kita pasti diberi yang lebih. Bukankah memang demikian janjinya?

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti akan kami tambah nikmat untukmu. Dan sebaliknya jika kalian mengingkari nikmatKu maka sesungguhnya azabku (ketidak beruntungan dari Allah untukmu) amat pedih (menyengsarakanmu) – QS: Ibrahim; 7.

Hal ini menjadi alasan kenapa para ulama terdahulu mengajari kita untuk membaca alhamdulillah dulu di awal kita berdo’a. Coba perhatikan tiap ada imam shalat, imam do’a bersama dan lain sebagainya, mereka mengawali sebuah do’a dengan pertama kali memanjatkan syukur kepada Allah. Betul ?

Namun lebih dari itu, yang terpenting bukanlah kita sekedar membaca alhamdulillah namun hati kita lalai. Melainkan langkah pertama ucapkan kalimat itu dengan tawadlu’ (kerendahan hati). Barulah langkah ketiga berdo’a. Walau bahkan tanpa berdo’a pun sebenarnya Allah akan menambah nikmat untuk kita.

Jadi, dipahami dari ayat di atas, ilustrasinya jika diberi 1 oleh Allah kemudian bersyukur maka akan menjadi 2 dan jika kemudian berdo’a maka akan menjadi 3. Betul ? Masih dipahami dari ayat di atas. Jika kita diberi 1 oleh Allah tapi tidak bersyukur. Maka, bukannya yang 1 itu bertambah. Justru sebaliknya satu-satunya itu akan diambil oleh Allah, bahkan nanti masih dikeruk lagi hingga minus.

Ah, mungkin inilah kiranya yang membuat orang yang do’anya sudah bersungguh-sungguh tapi hutangnya masih melilit. Ia bukan tidak berdo’a, tapi belum bersyukur. Ia melewati sebuah tahap, yang tahap berikutnya tak akanbanyak bermakna tanpa tahap itu, berdo’a sebelum bersyukur. Satupun tak ia peroleh. Malahan minus yang ia dapatkan.

Sebentar! Anda tidak salah baca, saya juga tidak salah ketik. Di atas ada langkah pertama, lalu langkah ketiga. Yang belum malah langkah kedua. Ia adalah juga bersyukur. Tapi bukan dengan lisan mengucapkan alhamdulillah seperti di atas. Melainkan bersyukur dengan, …. ah sebaiknya yuk ikuti ilustrasi berikutnya 🙂 hehe …

Bersambung dulu yah …

Mau Dapat Uang Jutaan Rupiah Setiap Bulan Secara Cepat dengan Cara Sederhana?
Strategi ini telah terbukti berhasil mendatangkan income puluhan juta rupiah dari internet pada bisnis kami sendiri dan menjadi aset online jangka panjang
  • Tips Membeli Domain dan Hosting Murah
  • Cara Buat Website KONVERSI TINGGI
  • Contek 100% Website Toko Online Sukses
  • Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer
  • Rahasia Supplier Produk Murah dan LARIS
  • Rahasia Mengetahui Kota Peminat Produk
  • Panduan Sukses Bisnis Online Via Email
  We hate spam and never share your details.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *